PENTINGNYA
KESAN PERTAMA BAGI TAMU
Kesan
pertama akan menentukan kelancaran terhadap proses suatu Hotel , selanjutnya ketika anda ingin berhubungan
dengan orang lain. Dengan image positif, anda akan lebih mudah untuk meraih
tujuan yang ingin dicapai (jika ada). Misalnya, anda ingin mendapatkan sesuatu
yang anda anggap penting dari seseorang , Dengan membangun image
positif sejak awal, anda telah memegang kendali dari apa yang ingin
anda lakukan. Selain itu dari kesan pertama, anda telah membuka peluang untuk
mendapatkan penilaian yang baik dari
tamu .
Kesan pertama adalah kesempatan pertama, yang
terkadang merupakan satu-satunya kesempatan untuk memberi gambaran terhadap
seseorang mengenai siapa diri kita, sesuatu yang biasanya melekat selamanya dan
sulit diubah. Inilah salah satu alasan kenapa kesan pertama begitu penting
dalam kaitannya dengan cara pandang orang lain terhadap kita, serta menjadi
penentu apakah mereka ingin mengenal kita lebih jauh.
Kita boleh tidak percaya akan hal ini. Tapi
seperti itulah kenyataan yang sering terjadi. Untuk tahap awal, kita ibarat
sebuah cermin bagi orang lain. Dengan bersikap baik (positif), peluang kita
untuk mendapatkan hal-hal yang baik akan lebih besar. Walaupun mungkin
terkadang tidak bersifat mutlak, tapi tidak salah jika sebagian orang punya
kecenderungan mengambil simpulan tentang kita pada kesan pertama. Kesan pertama
yang telanjur direkam oleh orang lain dan ternyata tidak sesuai dengan realitas
kita yang sesungguhnya akhirnya akan menciptakan sebuah ungkapan ”Oh, ternyata….’’
Seperti ini
Dari manakah orang memiliki kesan pertama
terhadap orang lain? Berdasarkan penelitian Albert Mehrabian (Ranjjit Singh M)
dalam bukunya ”Enhancing Personal Quality” (2004) diungkapkan bahwa sebanyak 55
persen kesan pertama ditentukan secara visual oleh penampilan, bahasa tubuh,
ekspresi wajah; 33 persen oleh nada suara; dan hanya 7 persen oleh ucapan
kata-kata. Jadi, ketika bertemu dengan seseorang untuk kali pertama, bagaimana
kita menampilkan diri dan mengatakan sesuatu lebih penting ketimbang ucapan
aktual.
Mengingat pentingnya kesan pertama, maka kita pun
perlu mempersiapkan sebaik mungkin ketika menciptakan kesan tersebut terhadap
seseorang agar citra yang kita tampilkan pun bernilai positif. Berikut
panduan menampilkan kesan pertama yang positif:
1.
Senyuman
Berikan senyuman tulus
pada siapa pun. Bukankah seseorang yang suka tersenyum akan lebih disukai dan
disegani daripada seorang yang memasang tampang seram bahkan tanpa
ekspresi di sebuah pertemuan? Senyum mengandung empat makna, yakni
kepercayaan diri, kebahagiaan, antusiasme, dan yang terpenting, penerimaan.
Orang yang tersenyum secara psikologis dianggap lebih memiliki kepercayaan
diri.
2.
Penampilan yang baik
Penampilan adalah modal utama setiap orang .
Penampilan yang baik merupakan cermin kepribadian yang baik pula. Perhatikan
penampilan kita dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan baik. Bukan harus
dengan perlengkapan mahal tetapi bersih, rapi, sopan, dan serasi (sesuai
lingkungan, profesi, bentuk badan maupun warna kulit kita, dan lain-lain.)
3.
Mengontrol Posisi Tubuh
posisi tubuh tegak secara otomatis membuat
seseorang terlihat lebih tinggi. Yang lebih penting lagi, sikap itu dapat
memancarkan sikap percaya diri.
4.
Melangkah dengan Percaya Diri
Melangkahlah penuh keyakinan dengan
memancarkan kepercayaan diri. Berjalanlah secara tegap, tidak membungkuk, dan
tidak menyeret kaki.
5.
Berjabat tangan
Berjabat tangan sebaiknya
dilakukan secara singkat namun tegas. Cara ini akan membuat kita terkesan
percaya kepada diri sendiri dan percaya terhadap apa yang kita lakukan. Hindari
menjabat tangan terlalu lemas atau terlalu menggenggam kuat. Saat berjabat
tangan, lengkapi dengan senyuman dan kontak mata. Berjabat tangan saat bertemu
dan berpisah juga sangat penting untuk memberi kesan baik.
6.
Memperhatikan
Perhatikan saat berbincang dengan lawan bicara.
Buatlah kontak mata selama perbincangan. Jika kita sibuk dengan beberapa
pemikiran kita sendiri, maka itu akan terpancar di wajah kita. Jadi, cobalah
fokus dan perhatikan saat lawan bicara sedang berbicara.
Untuk
bidang pelayanan jasa khususnya Perhotelan Kesan pertama pelanggan atau tamu
merupakan faktor yang sangant penting dan menentukan kelangsungan dan
kelanjutan bisnis perhotelan itu sendiri.Kesan pertama tamu dalam menrima
fasilitas yang ada di hotel dimulai saaat Registrsi atau pendaftaran dan kesan
pertama ini sangat penting seperti :
1. Disambut dengan ucapan yang
hangat dan tulus (Tamu akan merespon positif denagn hal itu dan dengan respon
yang positif dari tamu maka akan menunjang operasional hotel , dan antusias
untuk menginap di hotel juga semakin besar )
2. Tamu Diperlakukan denga Hormat ,
penuh perhatian and kepedulian
3. Selalu berupaya memenuhi
kebutuhan atau keinginan tamu dengan sebaik-baiknya
Dan
jika semua telah dilakukan maka tamu memiliki kesan yang baik terhadap Hotel
dan akan kembali lagi nanti ke Hotel tersebut
Dan
bila kita tak memberiknan kesan pertama yang baik maka Tamu tak akan merasa
antusias dalam menginap , dan mungkin malah banyak menemukan kesalahan-kesalahan
di Hotel
Apa
saja yang yang menjadi samutan hangat bagi tamu ? ini beravariasi , dimulai
dari Frontdesk atau kantor depan Hotel , Petugas kantor depan hotel bukan hanya
harus menjual kamar dan fasilitas Hotel lainnya kepada tamu , Tetapi ia juga harus
mempunyai perasaan empathy / peduli terhadap tamu , karena seorang Petugas
kantor depan tidak tahu apa saja yang telah dialami tamu sehingga membuat
perasaaannya marah ,mungkin aa hal-hal yang tak menyenangkan perasaan tamu
tersebut mungkin saja Tertekan oleh rasa frustasi dari kegagalan
keberangkatannya , kehilangan bagasi / barang , tertekan akibat perjalanan jauh
, melewatkan jam makan . dan disinilah
tugas seorang kantor depan hotel yaitu membuat
tamu merasa nyaman jauh dari kecemasan dan stress dengan pelayana yang
hangat , kepedulian , dan pemahaman yang positif tentang tamu tersebut
KOMPONEN PROSES
REGISTRASI
Proses
pendaftaran adalah salah satu point terpenting dalam berinteraksi dengan tamu
karena disinilah pelayana yang diberikan kepada tamu sebelum , saat tinggal ,
dan saat tamu berangkat atau meninggalkan hotel
, Dibagian ini kita akan membahas
tentang bagaimana pentingnya untuk mencapturing
atau mendapatkan data-data tamu yang di dapatkan baik dari reservai tamu
tersebut sebelumnya maupun Tamu yang datang dengan walk-in atau tanpa pemesanan
sebelumnya . kita harus dapat berkomunikasi baik dengan mereka . kita harus
dapat memelihara data-data khususnya data pembayaran , menanggapi masalah
tentang keuangan/pembayaran dan menindak lanjutinya
Regitration and Guest service
Tamu
yang akan menginap harus melakukan registrasi, pendaftaran,
pengidentifikasian tentang keberadaannya di hotel dimana tamu mengisi di
registration card / registration form ( tamu diminta untuk menyerahkan KTP,
Passport ) dan deposit, GL, Voucher dari data tersebut petugas akan memindahkan
ke database system computer sehingga bisa terhubung ke semua department.
Saat tamu Ceck In dan registrasi ada beberapa kemampuan yang dilakukan oleh reception / front desk agent :
Saat tamu Ceck In dan registrasi ada beberapa kemampuan yang dilakukan oleh reception / front desk agent :
- Up selling system / proses pelayanan tamu saat kedatangan / arrival registrasi / check in
- Product knowledge / pusat informasi baik tentang hotel maupun tentang daerah setempat, pengelolaan pelayanan tamu , kedatangan tamu sampai set harga kamar ( room rate )
- Manage guest service
- Maintenance relationship
- Handling Complaint / Menangani keluhan tamu
MENDAPATKAN
DATA TAMU
Ini
adalah hal yang sangat penting untuk mendapatkan data tamu pada saat
pendaftaran atau regitrasi di frontdesk . Informasi ini banyak digunakan oleh
bagian atau pegawai lain untuk memberikan pelayanan yang makimal kepada tamu ,
ini digunakan untuk menginformasikan seperti apa keinginan tamu , dan juga
pemabayaran tamu tersebut / bill tamu tersebut .
Prosedur
pendaftaran tamu melibatkan beberapa langkah yang, jika diikuti secara akurat,
memungkinkan manajemen untuk memastikan kunjungan, menyenangkan , efisien dan aman. Proses ini dibahas secara
umum sebagai langkah-langkah yang berkaitan
dengan manajemen kantor depan yang efektif. Kemudian dalam bab ini, penggunaan
PMS (properti sistem manajemen) metode pendaftaran akan dibaha
.
1.
Guet
datang lalu Check in di hotel
2.
Petugas
reception menerima dan menangani tersebut dengan ramah tamah , sopan dan penuh
perhatian
3.
Petugas
Reception menanyakan kepada tamu apakah sitamu sudah memiliki pemesanan kamar
sebelumnya
4.
Tamu
mengisi Regitration card
5.
Petugas
memeriksa kembali kelengkapan data yang telah diisi oleh tamu di registration
card
6.
Petugas
Reception memverifikasi kartu kredit / menanyakan pembayaran kepada tamu
7.
Petugas
Reception menentukan kamar untuk Tamu
8.
Petugas
reception menjelakan tentang kamar kepada tamu
9.
Petuga
reception memberitahuka harga kamar kepada tamu
10. Petugas Reception juga menjual
dan mempromosikan Failitas lainnya yang ada di hotel
11. Petugas Reception memberikan
kunci kamar
http://diniidris.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar