Kamis, 19 Februari 2015

Materi Pengenalan Akuntansi Hotel

       BASIC CONSEP
8 KONSEP DASAR
1Harga Perolehan ( Cost )
2Konservatip atau hati – hati ( Conservatism )
3Lengkap ( Completeness/Full Disclosure )
4Ajeg atau tetap ( Consistency )
5Cukup berarti ( Materiality )
6Penentuan Laba – Rugi ( Propermatching Of Expenses And Revenue )
7Dapat Dimengerti ( Understandability )
8Kesatuan Unit Usaha ( Entity

PROFESI
Akuntant Intern
Akuntant Extern
Akuntant Pendidik

PENJENJANGAN
Akuntant ( Accountant )
Asisten/Pembantu Akuntant ( Assistant Accountant )
Teknis atau Pelaksanaan ( Accounting Technician

SUMBER KEKAYAAN PERUSAHAAN
Pemilik Perusahaan,
    maka bentuk pesamaan dasar akuntansinya  :
Assets         =  Proprietorship
( Aktiva )    =  ( Modal Sendiri )

2. Pinjaman ( hutang ) dari pihak lain.
     maka bentuk pesamaan dasar akuntansinya  :
Assets         =  Liabilities
( Aktiva )    =  ( Hutang )

3. Sebagian dari Pemilik dan  sebagian dari Pinjaman, maka persamaan dasar akuntansi akan berbentuk :
Assets         =  Liabilities + Proprietorship
( Aktiva )    =  ( Hutang ) + ( Modal sendiri )

PENGERTIAN AKUNTANSI
Accounting adalah seni dari pada pencatatan, penggolongan dan peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam uang, transaksi – transaksi dan kejadian – kejadian yang setidaknya bersifat finansil dan penafsiran dari pada hasil – hasilnya yang terjadi di perusahaan atau Organisasi  . Definisi Menurut AICPA (American Institute  Certified Public Akuntan )
PIHAK YG BERKEPENTINGAN
Pimpinan Perusahaan
Pemilik Perusahaan
Para Kreditur
Para Pegawai

SPESIALISASI AKUNTANSI
Akuntansi Umum atau Keuangan ( General Of Financial Accounting )
Akuntansi biaya ( Cost Accounting )
Akuntansi Anggaran ( Budgetary Accounting )
Akuntansi Pajak ( Tax Accounting )
Akuntansi Pemeriksaan ( Auditing )
JOURNAL AND POSTING
Jurnal adalah Catatan yang sistematis dan kronologis dari transaksi – transaksi finansial dengan menyebutkan perkiraan yang akan di Debet dan di Kredit disertai jumlahnya masing – masing dan keterangan singkat tentang transaksi tersebut.

FUNGSI JURNAL
Fungsi Analisa (Analisis Function)
    Di dalam jurnal setiap transaksi dianalisa untuk menentukan perkiraan yang akan di Debet dan Kredit disertai jumlah masing – masing.
Fungsi Mencatat (Recording Function )
    Di dalam jurnal setiap transaksi finansil dicatat baik untuk perkiraan yang akan di Debet maupun Kredit beserta keterangan masing – masing.
Fungsi Historis (Historis Function)
    Karena di dalam jurnal setiap transaksi finansil dicatat secara kronologis, maka dapat disebutkan bahwa jurnal merupakan buku harian tempat mencatat aktivitas perusahaan.

PERKIRAAN
Perkiraan ( Account ) adalah :
    Daftar tempat mencatat secara sistematis transaksi – transaksi finansial yang mengakibatkan perubahan pada Aktiva
    (Assets), Utang (Liabilities), Modal (Capital), Penghasilan (Revenues) dan biaya (Expenses).
BENTUK PERKIRAAN
1. Bentuk Skontro atau Horizontal
2. Bentuk Staffel/Halaman/berlajur khusus untuk Saldo
3. Bentuk Berlajur Saldo Rangkap
4. Bentuk Huruf   T (T . Account)

Cara mendebet atau mengkredit perkiraan :

Untuk mempermudah mengingat cara mendebet (mengisi perkiraan sebelah kiri  atau Debiting atau  Charging the Account) dan mengkredit (mengisi perkiraan sebelah kanan/Crediting the Account) kita dapat berdasarkan persamaan yang berikut :

 Assets  +  Expense = Liability  + Capital  + Revenue
(Harta   +  Biaya     = Utang + Modal + Penghasilan)
LAPORAN KEUANGAN
A. Pengertian dan Manfaat Laporan Keuangan
    1. Neraca ( Balance Sheet )
       Istilah lain untuk Neraca : Statement of Financial
       Position, Statement of Assets, Liabilities and Capital,
      Statement of Resource and Liabilities.
    2. Laporan Rugi – Laba
        Atau istilah asingnya : Income Statement, Statement
       of Income, Statement of Profit and Loss, Statement
       of Revenues and Expenses.
    3. Laporan Perubahan Modal
         (Stetement of owners equity)
B. Perhitungan Laba Dan Rugi (Income Statement)
    Perhitungan Laba Rugi adalah : Laporan secara sistematis tentang penghasilan (REVENUE), Biaya – biaya (EXPENSES)  beserta Laba (NET INCOME) atau Rugi (NET LOSS) suatu Perusahaan dalam suatu periode tertentu.
   
    Penghasilan (REVENUE) adalah : Bertambahnya aktiva Perusahaan berupa uang tunai, piutang atau kekayaan lain, yang berasal dari penjualan barang atau jasa, yang mengakibatkan modal bertambah.
Penghasilan dapat digolongkan sebagai berikut :

1. Penghasilan dari usaha (OPERATING REVENUE) yaitu :
    Penghasilan yang diperoleh Perusahaan dari usaha pokoknya.
    Misalnya : Hasil penjualan Barang atau Jasa

2.Penghasilan di luar usaha pokok (NON OPERATING REVENUE) yaitu :
    Penghasilan yang di terima  di luar usaha pokok Perusahaan.
    Misalnya : Laba penjualan aktiva, Penghasilan Bunga dan lain – lain.
Biaya (EXPENSES) adalah :
    Pengorbanan dalam bentuk barang atau jasa yang ditunjukkan untuk memperoleh penghasilan. Dengan demikian biaya bersifat mengurangi modal.
Penggolongan Biaya :
1. Biaya Usaha (OPERATING EXPENSES) adalah:
   Semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh penghasilan usaha.
    Misalnya : Gaji, Biaya toko/Kantor, penyusutan aktiva dan lain – lain.
2.Biaya di luar Usaha (NON OPERATING EXPENSES) adalah : Semua biaya yang dikeluarkan tetapi tidak berhubungan langsung dengan usaha pokok Perusahaan.
Bentuk Penghitungan Laba Rugi :
    Pada umumnya Perhitungan Laba Rugi dapat disusun dengan dua bentuk sebagai berikut :
    1. Tidak terinci atau Tunggal (SINGLE STEP) adalah :
       Bentuk dimana Laba atau Rugi dilakukan dengan
       cara :
       Total penghasilan dikurangi Total Biaya
    2.Terinci atau Majemuk (MULTIPLE STEP) adalah :
       Bentuk dimana Laba atau Rugi dilakukan dengan
       cara terinci dengan membedakan penghasilan
       maupun biaya yang berasal dari usaha dan di luar
       usaha.
Bentuk Penghitungan Laba Rugi :
    Pada umumnya Perhitungan Laba Rugi dapat disusun dengan dua bentuk sebagai berikut :
    1. Tidak terinci atau Tunggal (SINGLE STEP) adalah :
       Bentuk dimana Laba atau Rugi dilakukan dengan
       cara :
       Total penghasilan dikurangi Total Biaya
    2.Terinci atau Majemuk (MULTIPLE STEP) adalah :
       Bentuk dimana Laba atau Rugi dilakukan dengan
       cara terinci dengan membedakan penghasilan
       maupun biaya yang berasal dari usaha dan di luar
       usaha.
Cara Menyusun Perhitungan Laba Rugi :
    Dalam penyusunan perhitungan Laba Rugi perlu diperhatikan hal – hal sebagai berikut :
    1. Menulis nama Perusahaan
    2. Menulis “Perhitungan Laba Rugi”
    3. Periode perhitungan Laba Rugi tersebut
        beserta tanggal, bulan dan tahun

SUMBER – SUMBER PENDAPATAN HOTEL
Pendapatan Hotel dapat di peroleh dari 2 sumber :
A. Mayor Department adalah :
    Department yang menghasilkan  sumber pendapatan utama Hotel.
    1. Front Office Department
    2. Housekeeping Department
    3. Food & Beverage department
B. Minor Department
    Department yang menghasilkan pendapatan tambahan Hotel .
    1. Laundry
    2. Sport & Recreation
    3. Meeting Room
    4. Drug Store
    5. Bussines Center
    6. Telepon Operator
    7. Parking Area

METHODS OF PAYMENT

1. Cash Methods adalah  pembayaran yang dianggap selesai setelah terjadi transaksi penjualan. Yang termasuk dalam Cash Methods adalah:
Local currency
Foreign currency
Cheque tunai
Travel cheque ( membeli uang di bank min. pecahan uang 1.000.000,-)
Macam- macam cheque -
Cheque tunai – bisa di ‘cair’kan oleh siapa saja
Cheque atas nama – dicairkan sesuai dengan nama yang ada dalam cheque tersebut
Cheque kosong – cek yang nilai saldonya tidak mencakupi
Cheque mundur – cek yang tanggalnya belum jatuh tempo pada saat dicairkan(untuk membayar hutang)
Cheque kadaluarsa – cek yang habis masa berlakunya, 70 hari setelah di tulis.
Belyet giro – cek yang tidak bisa dicairkan oleh siapapun kecuali dipindahbukukan oleh rekening yang dituju

2. Credit Methods adalah : pembayaran yang belum selesai pada saat terjadinya transaksi atau pembayaran yang masih memerluka proses lebih lanjut.
Jenis – jenis  pembayaran Credit :
Credit Card
Cheque non tunai (yg 5 tadi)
Guaranty letter
Hotel voucher (berlaku hanya untuk hotel yang dituju)
City ledger (transaksi room charge selama tamu menginap di hotel)
Company charge


2 komentar:

  1. gax ada penjelasan apa .. nambah mumet

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas sharing-nya, sangat bermanfat. Sekedar menambahkan informasi, untuk software perhotelan paling terjangkau dan sudah terintegrasi Front Office dan Back Office bisa mengunjungi blog Komunitas Pengelola Hotel Indonesia

    BalasHapus